Cara Aman Mesin ATM Pakai Pemindai Sidik Jari

Demo alat pemindai sidik jari pada Mesin ATMKasus pembobolan ATM membuat pihak pengelola bank harus melakukan pengamanan ekstra. Dalam waktu dekat Polri akan memperkenalkan teknik pengamanan ATM dengan tambahan alat pemindai sidik jari.


“Dalam waktu dekat, mungkin besok atau lusa, kami akan demonstrasikan suatu alat pengaman bagi ATM yang akan dilakukan di seluruh Indonesia, dengan menggunakan Biometrik Fingerprint Scanner,” kata Kabareskrim Komjen Ito Sumardi, Rabu (27/1/2010), di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan.

Demo alat pemindai sidik jari pada Mesin ATM

Pemindai Sidik Jari pada Mesin ATM

Alat berupa pemindai sidik jari tersebut, kata Ito sudah lebih dulu digunakan di negara-negara maju seperti di Amerika dan Eropa. Dengan alat tersebut, kata Ito, akan mencegah pembobolan ATM, karena pelaku tidak bisa melakukan transaksi tanpa ada identifikasi identitas dirinya melalui sidik jari.

Ia juga mengatakan sudah melakukan konfirmasi dengan pihak bank mengenai rencana tersebut. Ia menilai penyebab kasus pembobolan ATM yang terjadi belakangan ini adalah lemahnya sistem pengamanan.

Alat pemindai sidik jari Fingerprint Scanner) tersebut, kata Ito merupakan bagian terpisah dari mesin ATM itu sendiri. Sehingga perlu dilakukan pemasangan alat pada mesin ATM. Ia mengatakan penggagas dari penggunaan alat tersebut adalah Tim Indonesia Automatic Fingerprint Identification System (Inafis), sementara yang akan mempersiapkan adalah salah satu vendornya.

Sumber: Kompas.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s