Jasa Finishing Percetakan | REVIEW Mesin Finishing

Bisnis Jasa Finishing Percetakan adalah bagian terpenting dari alur bisnis percetakan.

Jasa Finishing Percetakan | Emboss Logo

Usaha finishing percetakan 24 jam jangan dianggap sepele perhitungan bisnis dan perputaran uangnya, mungkin bisa melebihi omzet inti usaha percetakan itu sendiri.

Gak percaya? Buktikan, dan lihat saja sendiri…

Disamping mesin percetakan offset, pengetahuan tentang mesin finishing percetakan pada proses percetakan offset amat diperlukan bagi pelaku bisnis percetakan agar barang cetakan yang ingin diproduksi dapat direncanakan dengan matang dan dijalankan tepat prosedur.

Harga komponen produksi finishing percetakan juga harus diketahui se-update mungkin supaya kalkulasi harga cetak tidak meleset dari perencanaan.

Inilah jenis mesin finishing percetakan offset yang umum digunakan:

1. Mesin Potong Kertas (Paper Cutter)

2. Mesin Potong Kertas 3 sisi

  • Mesin Potong Kertas 3 sisi digunakan untuk memotong kertas yang telah selesai dicetak dan dirangkai menjadi buku sebanyak 3 sisi sekali potongan. Mesin potong kertas seperti ini lebih efisien dalam perhitungan waktu dibandingkan dengan mesin potong biasa.

3. Mesin Lem Panas (Gluer Book Binding)

  • Mesin Lem Panas (book binding machine/binder) digunakan untuk melekatkan cover buku dengan isi buku (halaman) secara otomatis dengan menggunakan lem panas, dimana lem tersebut harus dipanaskan dulu sebelumnya. Lem panas tersebut cepat kering (sekitar kurang lebih 20 detik) sehingga bisa langsung menjadi sebuah buku.

4. Mesin Lipat (Folder Machine), digunakan untuk melipat kertas yang telah selesai dicetak, dan terbagi atas 2 tipe:

  • Mesin Lipat Kertas Dua mata (2 kali lipatan), biasa digunakan untuk melipat brosur atau majalah ukuran besar.
  • Mesin Lipat Kertas Empat mata (empat kali lipatan), biasa digunakan untuk buku-buku pelajaran, buku untuk umum, dan sejenisnya.

5. Mesin Nomorator

  • Biasanya mesin nomorator ini menjadi satu dengan mesin cetak, dimana alat ini (numbering unit) digunakan untuk menomori cetakan-cetakan yang memerlukan nomer seri/urut, misalnya: Nota/bon/faktur, karcis/tiket, dan sebagainya. Mesin cetak offset-nya seperti : Ryobi 500N-NP, Ryobi 480KA-NP

6. Mesin Cacah (Perforasi / Perforator)

  • Mesin Perforator/Perforasi/Cacah digunakan sebagai alat untuk membuat lubang-lubang kecil yang membentuk garis pada hasil cetakan dengan tujuan untuk mempermudah penyobekan. Mesin perforasi ini juga bisa berfungsi sebagai pembolong kertas, selain mesin bor kertas.

7. Mesin Pond (Puncher)

  • Mesin Pond digunakan sebagai alat untuk memotong dan membuat rel berdasarkan motif bentuk yang akan dibuat. Biasanya digunakan pada kartu undangan, kartu ucapan, berbagai macam bentuk dus/kemasan, dan sebagainya.

8. Mesin Jahit Kawat dan Benang.

  • Mesin Jahit Kawat digunakan untuk menjilid (jahit, staples) bagian tengah daripada buku dengan menggunakan kawat atau benang. Misalnya: agenda, buku-buku, dan sebagainya.

9. Mesin Polymas (Hot Stamping / Hotprint)

  • Mesin Polymas (Hotprint) untuk mentransfer hasil cetak dengan cara dipress dan dipanaskan dengan menggunakan kertas tinta emas foil hotprint berbagai warna. Sebelum dipress, harus dibuatkan pola motif dengan cetakannya berbentuk lempengan dari logam (matres / klise poly embos-hotprint). Contohnya penggunaan efek tulisan emas-perak (mengkilat) pada kartu undangan, kartu nama, sertifikat, ijazah, dan lain-lain. Mesin hotprint ini cocok untuk memulai usaha percetakan undangan

Siapa yang ingin menambahkan info tutorial dan review mesin finishing percetakan lainnya? Silahkan anda share di kolom komentar dibawah ini…

software kalkulasi harga cetak

Software Kalkulasi Harga Cetak

Cepat & akurat menghitung harga pokok produksi barang cetak

4 thoughts on “Jasa Finishing Percetakan | REVIEW Mesin Finishing

  1. SALAM
    PAKSY LAGI MENCARI MESIN SABLON MANUAL ATAU SEMI OTOMATIS YG KECIL UTK SABLON BOTOL <UKURAN DIAMETER BOTOL 1,7 CM ,OK BOSS DI TUNGGU JAWABANNYA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s