Persaingan Bisnis Global | Cara Unggul

Persaingan bisnis percetakan di pasar global semakin tajam dengan segala macam aspek dan resiko bisnis yang dihadapinya. Bagi para pemula usaha percetakan ataupun pebisnis yang telah mapan, banyak cara, trik dan tips bisnis briliant yang ditempuh, agar pangsa pasar produk percetakan semakin luas dan abadi bertengger di puncak pasar global.

bisnis global

Nah, apa saja sih tips dan cara menang dan tetap unggul dalam top ranking persaingan bisnis percetakan di pasar global tsb…?!?

Simaklah caranya…

Keunggulan Unique Selling Proposition atau USP yang berfokus kepada feature dari produk dan keuntungan penggunaan dari produk percetakan tersebut dapat diklasifikasikan ke dalam suatu positioning produk yang dapat membuat suatu produk atau jasa (servis) bisa menjadi produk unggulan, antara lain:

1. Renggut kata kunci di benak konsumen Anda! Jika Anda mampu memaparkan keunggulan produk percetakan Anda di benak konsumen Anda, maka konsumen Anda secara tidak sadar akan mengatributkan keunggulan atau hal positif lainnya pada produk Anda tersebut.

Contohnya: Snapy Digital Printing, berarti “Percetakan Express Digital Printing 24 Jam, Bisa Ditunggu!”. Suatu perusahaan percetakan hanya mampu memiliki satu kata kunci saja di benak konsumen dan segera setelah kata kunci tersebut berhasil Anda tempatkan di benak mereka, sangat sulit untuk merubah persepsi tersebut.

2. Positioning dimulai dari nama produk Anda! Nama produk Anda hendaknya mampu menggambarkan sesuatu di benak konsumen dan lebih baik lagi kalau nama produk Anda tersebut bisa menggambarkan keuntungannya sekaligus.

Semisal: Heidelberg, terasosiasi pada produk mesin percetakan ternama dari Jerman!.

3. Gunakanlah nama baru: kalau Anda sedang memproduksi suatu produk yang unik atau merupakan diversifikasi dari produk terdahulu.  Alih-alih menggunakan kata Apple Mini Mac, Apple menggunakan nama iPod untuk menamai produk music player mereka yang terbaru.

4. Jadilah pelopor (pioneer). Para konsumen cenderung loyal pada produk yang benar-benar mengerti kesulitan mereka.

Semisal: Kodak, pelopor (pioneer) produk kamera manual pertama kali dan tetap eksis di produk kamera digital terbaru. Selalu terngiang di benak konsumen jika ingin berfoto: ambilkan Kodak!.

5. Jangan melenceng dari pesan yang Anda coba sampaikan melalui produk Anda;perkuatlah konsep dasar” di semua aktivitas pemasaran.

Semisal: Coca Cola, “Dimana saja dan kapan saja.”

6. Cara terbaik untuk menghadapi dan mengungguli pesaing bisnis baru adalah dengan memperkenalkan brand baru, bukan dengan mengaburkan produk Anda yang telah lama dijual.

Contohnya: Danone. Ketika air mineral dalam kemasan botol menjadi populer, Danone tidak menamakan produk mereka “Danone Water” tapi mereka menamainya Aqua (turut membeli saham Aqua).

7. Cara unggul memenangi persaingan bisnis bagi pendatang baru di pasar global adalah dengan membuat produk dengan kategori baru. Produk dengan brand yang telah lama berdiri sangat sukar untuk dikalahkan tetapi para konsumen dapat menerima produk dengan kategori baru lebih mudah.

Semisal: Wings, dalam merebut pangsa pasar yang telah lama didominasi oleh Rinso.

8. Opsi cerdik memenangi persaingan bisnis untuk pendatang baru di pasar global bisa dengan cara menemukan celah di benak konsumen.

Semisal:  Starbucks, terkenal sebagai brand premium yang mengusung servis super cepat untuk kopi.

9. Cara jitu lainnya untuk pendatang baru unggul di persaingan bisnis di pasar global adalah dengan me-repositioning pesaing utama di benak konsumen loyal mereka.

Tylenol pernah membuat pernyataan, “Kalau perut Anda sakit, konsultasikan ke dokter terlebih dahulu sebelum meminum Aspirin.”

10. Tetaplah konsisten dengan positioning produk bisnis percetakan yang Anda pilih.


Source: dihimpun dari berbagai sumber…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s